Cara pengukuran tegangan DC Multimeter

Cara pengukuran tegangan DC Multimeter - Pengukuran tegangan DC dilakukan pada komponen kelistrikan yang menggunakan arus listrik searah,Rentang pengukuran DC antara 0-1000 Volt.

Gambar : Multimeter Analog

Apakah anda sudah tau cara nya???


Jika belum yuk kita lanjut kepembahasan,berikut adalah cara pengukuran tegangan DC pada Multimeter :
Baca Juga : Mengukur Tegangan Arus DC dan AC

1.Mengatur selektor pada DCV dengan memilih salahsatu batas maksimal tegangan yang di ukur.Batas-batas pengukuran tegangan DC bisa anda lihat di tabel di bawah ini.

2.Menghubungkan kabel pengetesan hitam ke terminal (-) dan kabel pengukuran merah ke terminal(+) pada komponen kelistrikan yang akan anda ukur tegangannya.

3.Jika yang di ukur merupakan tegangan dalam rangkaian,maka multimeter dirangkai secara pararel dengan rangkaian tersebut.

4.Hasil pengukuran yang sudah anda lakukan bisa anda baca dengan melihat jarum penunjuk dibaca pada sekala V-A.Contoh pembacaan multimeter dapat anda lihat pada gambar di bawah ini.


Pada gambar tersebut,sumberarus yang di gunakan adalah baterai dengan tegangan setandar 12-24 Volt,sehingga selektor telah diarahkan pada range 50 DCV.Setelah itu caara pembacaan hasil pengukuran nya adalah dengan melihat hasil pembacaan pada skala V-A kemudian memilih angka 0-50,membaca angka yang ditunjukan jarum penunjuk yaitu angka 12,oleh karena itu satu strip pada skala bernilai 1V,maka angka yang di tunjuk oleh jarum peninjuk dikali 1V,besar tegangan adalah 12V,hasil pengukuran dapat anda hitung dengan rumus di bawah ini ,


Hasil Pengukura=         Nilai yang terukur         X Nilai Pada Selektor

                               Nilai Maxsimal pada sekala
  
                            = 12 X 50 =12 Volt
                               50
 
Baca Materi Sebelumnya : Belajar Multimeter untuk pemula

Materi adalah materi multimeter sebelumnya,semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfa'at.aamiin

0 Response to "Cara pengukuran tegangan DC Multimeter"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel