Langkah mengukur tegangan arus DC dan tegangan AC

Langkah mengukur tegangan arus DC dan tegangan AC untuk pemula - Pengukuran merupakan hal yang sangat sering di temukan dalam bidang apapun itu,biasa nya anda bisa menemukan hal ini di dunia automotive,tentu para mekanik wajib tau dan memahami semua allat pengukuran,tetntunya alat yang satu ini Multitester/Avometer.

Gambar : Multitester Digital

Apakah Anda sudah tau cara pengukuran arus DC dan tegangan AC ???

Jika anda belum tau yuk kita baca materi di bawah ini,berikut adalah cara-cara nya :
Baca Juga : Pengukuran Tegangan DC

Pengukuran tegangan AC

Pengukuran tegangan AC dilakukan pada komponen kelistrikan yang mengandung asrus listrik bolak balik.langkah pengukuran tegangan AC pada multimeter sama dengan langkah pengukuran tegangan DC. Perbedaan nya hanya terletak pada selector yang di arahkan ke posisi ACV saja.

Pengukuran arus DC

Pengukuran arus DC dilakukan pada komponen kelistrikan yang menggunakan arus listrik searah.Rentang pengukuran arus DC diantara 0-20A.Langkah pengukuran arus DC dapat di bagi menjadi dua,yaitu pada pengukuran pada selector 250 A dan pengukuran selector 20A.Lankah pengukuran pun hampir sama,hanya saja pada saat selector diarahkan ke 20A,maka kabel pengetesan merah (+) di pindahkan ke lubang kutub 20 A,ada pun langkah pengukuran arus DC,antara lain sebagai berikut:

  • 1)    Mengatur selector pada DCA dengan memilih salh satu batas maksimal arus yang akan diukur.
  • 2)    Saat mengukur arus degan menggunakan multimeter,kabael pengukuran multimeter di hubungkan secara seri dengan rangkaian.pengukuran arus yang benar (pada gambar…..)adalah pengetesan hitam dihubungkan denan terminal (-) baterai dan kabel pengetesan merah dihubungkan dengan terminal (-) beban.Sedangkan,terminal (+) baterai tetap terhubung dengan terminal (-)beban.
  • 3)    Membaca hasil pengukuran jarum penunjukan pada skala DG 20 A.Contohnya,pengukuran arus DC pada rangkaian  kelistrikan dengan arus standar adalah 1 A.Angka yang di tunjukan oleh jarum penunjuk pada skala DC 20A (   ),yaitu angka 1(1 setrip).Sehingga,arus pada rangkaian adalah 1A.
Hasil pengukuran dapat juga dihitung dengan menggunakan perasamaan berikut ini.
                    
 Hasil pengukuran =  Nilai yang terakur x Nilai pada selector
                                     Nilai  maksimal pada skala
Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat untuk anda yang membaca dan mengamalkannya,materi ini materi dari lanjutan sebelum nya.
Baca Materi Sebelumnya : Belajar Multimeter untuk pemula

0 Response to "Langkah mengukur tegangan arus DC dan tegangan AC "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel